Thursday, July 23, 2015

Tirta Empul, Obyek Wisata Terfavorit di Gianyar

Obyek tamasya Tirta Empul Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali, 35 km timur Denpasar, sekarang ada perbaikan dalam kolam tempat permandian, tetap terfavorit, karena ramai dikunjungi wisatawan di serta luar negeri.

Pelancong asing kelihatan berbaur dan rakyat mandi dalam alam terbuka, meskipun sedikit berada gangguan resiko perbaikan. Turis tampaknya bukan terasa terganggu mengikuti seluruh kalangan yang diawali dengan doa sesuai kepercayaannya masing-masing.

Made Lanus, satu pemandu berlibur, Kamis (2/7/2015), menyebutkan pengunjung yang diantarnya asal dari Italia tersebut memang sengaja meminta mandi bersama dan tata metode mengikuti masyarakat Bali mandi pada pancuran yang airnya muncul dari mata air yang diperkirakan suci.

"Obyek wisata Tirta Empul yang bersebelahan dengan Istana Tampaksiring mempunyai daya tarik tersendiri, sehingga banyak turis asing meminta mampu diantarkan menuju tempat persembahyangan bagi umat Hindu dalam daerah ini," kata Made Lanus.

Adanya pengembangan lokasi berlibur dikelola serta apik itu memiliki satu kota seratus juru foto yang melayani seluruh kalangan di mengabdikan permintaan rakyat yang mendatangi sini, juga sebanyak 20 orang yang bertugas setiap hari.

Dinas Pariwisata Provinsi Bali mencatat Tirta Empul, termasuk sepuluh besar obyek berwisata yang mendapatkan kunjungan turis terbanyak, selain Tanah Lot dalam Kabupaten Tabanan, Uluwatu pada Kabupaten Badung, Danau Beratan dalam Kabupaten Tabanan, kawasan tamasya Penelokan Kintamani, Bangli juga gunung serta Danau Baturnya.

"Pengunjung selama 2015 dari Januari-Mei menuju obyek tamasya tersebut sebanyak 163.406 orang atau rata-rata 32.000 per bulan, sementara sepanjang 2014 tercatat 443.883 orang. Jumlah kunjungan sebanyak ini cukup baik," ucap Made Lanus.

Obyek wisata Tirta Empul tetap menjadi primadona kunjungan pengunjung, selain lokasinya berada dalam jalur berlibur menuju Denpasar-Kintamani, dengan memperoleh daya tarik tinggi serta pancuran air suci juga Istana Tampaksiring yang bersebelahan.

Khusus pada Kabupaten Gianyar, Tirta Empul menerima pengunjung terbanyak. Obyek wisata Goa Gajah Bedulu menduduki urutan kedua serta rata-rata 19.321 pengunjung per bulan, diikuti Gunung Kawi Tampaksiring 9.381 pengunjung per bulan. Kemudian Gunung Kawi Sebatu 1.781 pengunjung, Yeh Pulu Bedulu 450 pengunjung. Sedangkan Stage Sidan dengan keindahan alamnya wajib sedikit jumlah kunjungan yakni adil merata 22 orang setiap bulan sebab masih pada tahap promosi.

Gianyar yang diperhatikan daerah seninya pada Bali, serta memperoleh obyek meraik selanjutnya semacam museum lukisan, taman burung, rafting juga taman burung, sapi Desa Taro binatang yang disucikan masyarakat tradisi setempat.

No comments:

Post a Comment